ducati 1100

– Motocrose, perusahaan yang memproduksi komponen aftermarket untuk motor jenis sport memperkenalkan kreasi terbarunya Ducati Monster 1100 Titanium. Penambahan kata terakhir itu jelas, kalau streetfighter bikinan pabrikan motor Italia itu sudah menggunakan bahan logam ringan kelabu tua.

Pemakaian Titanium, selain untuk mengubah tampilan jadi lebih sangar, juga pada sektor mekanis. Tapi, sumber muara dari penggunaan ini, tak lain mengurangi bobot serta membuat performa motor jadi lebih gahar.

Monster Titanium berkelir hitam dikombinasi merah dan titanium telah mengurangi bobot menjadi 156 kg. Selain bahan di atas, beberapa bagian juga menggunakan serat karbon.

Seperti dilaporkan autoevolution.com, lebih dari 60 komponen standar Ducati sudah diganti. Seperti knalpot berbahan titanium dengan nama Motocrose Evoluzion 54 mm. Mesin pun sudah dimodifikasidengan menghasilkan tenaga 102,6 HP dari sebelumnya 95 HP dengan torsi 113 Nm (103 Nm).

Untuk mengimbangi tenaga mesin yang galak, sistem penghenti laju juga disempurnakan lagi. Untuk piringan rem terbuat dari bahan keramik komposit dengan diameter 320 mm. Kalipernya menggunakan merek Brembo Racing dan pistonnya titanium.

Gapu depan aluminium Marchesini, termasuk juga velgnya dan satu set berikut baut dan mur yang terbuat dari titanium. mengenai harga, tidak disebutkan.

sumber : ITALIA, KOMPAS.com